Selasa, 24 September 2013

Gempa di Pakistan, puluhan tewas - ( 0L4HRG4 )

karachi

Gempa sempat membuat kepanikan di Karachi.

Gempa kuat 7,7 skala richter mengguncang kawasan terpencil di kawasan barat daya Pakistan dan menewaskan 50 orang, demikian penjelasan pejabat setempat.

Gempa berlangsung sekitar pukul 16:29 waktu setempat. Badan Geologi AS menyebut pusat gempa terletak di 66km timur laut Awaran di provinsi Balochistan, dengan kedalaman 20km.

Wakil komisioner Awaran Abdul Rasheed Gogazai dan juru bicara Korps Perbatasan Pakistan yang terlibat dalam upaya bantuan mengatakan sedikitnya 45 orang tewas.

Seorang juru bicara Otoritas Manajemen Bencana Nasional Pakistan, Mirza Kamran Zia, mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan akan terus bertambah.

Banyak korban ditemukan di Labach, kawasan luar kota Awaran. Ada laporan yang menyebut banyak warga yang terjebak di reruntuhan rumah yang roboh akibat gempa.

Abdul Qadoos, wakil ketua majelis Balochistan kepada kantor berita Reuters mengatakan sedikitnya 30% rumah di distrik Awaran roboh.

Kerusakan rumah juga dilaporkan terjadi di distrik Khuzdar.

Petugas di ibukota provinsi, Quetta, mengatakan sejumlah kawasan mungkin mengalami kerusakan parah.

Kebanyakan rumah warga yang tinggal di kawasan ini dibangun dari lumpur, hanya sedikit bangunan yang didirikan dengan beton, kebanyakan adalah bangunan pemerintahan.

Kawasan darurat diberlakukan di sejumlah distrik yang terkena dampak gempa di Awaran dan Chagai.

Tenda dan alat medis telah dikirim ke lokasi gempa, beserta lebih dari 200 tentara yang dikirim sebagai bagian dari upaya penyelamatan.

Kepala meteorologis Pakistan Mohammad Riaz kepada wartawan mengatakan gempa kuat ini bisa menimbulkan kerusakan yang meluas.

“Tetapi itu tergantung dengan seberapa padat populasi di kawasan sekitar pusat gempa,” katanya.

Guncangan gempa bisa dirasakan hingga Karachi, Hyderabad, dan ibukota India, Delhi.

Setelah gempa, sebuah pulau kecil muncul di kawasan pantai dekat pelabuhan Gwadar, kata sejumlah saksi mata.

Banyak warga yang berkumpul di pantasi untuk melihat pulau baru tersebut, yang memiliki ketinggian 9 meter dan panjang 100 meter, kata Kepala Polisi Gwadar Pervez Umrani.

Balochistan adalah provinsi terbesar di Pakistan tetapi dengan populasi terkecil.

Provinsi ini rentan mengalami gempa, termasuk saat gempa Klik dekat perbatasan Iran mengguncang April silam yang menewaskan sedikitnya 35 orang.



YOUR COMMENT