Rabu, 25 September 2013

Korban gempa Pakistan meningkat - ( 0L4HRG4 )

Dampak gempa di Pakistan

Rumah-rumah yang berdinding batu lumpur luluh-lantak akibat gempa.

Jumlah korban tewas dalam gempa bumi dahsyat yang mengguncang Balochistan, Pakistan barat daya, meningkat menjadi sedikitnya 328 orang.

Selain itu lebih dari 450 warga mengalami luka-luka akibat Klik gempa berkekuatan 7,7 pada skala Richter yang terjadi Selasa sore waktu setempat (24/09).

Data terbaru dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Balochistan. Jumlah korban tewas diperkirakan masih akan bertambah.

Juru bicara pemerintah provinsi, Jan Muhammad Buledi, mengatakan lebih dari 300.000 penduduk mengalami dampak gempa di enam distrik, Awaran, Kech, Gwadar, Panjgur, Chaghi dan Khuzdar.

“Kita sangat memerlukan fasilitas medis dan tidak ada tempat untuk merawat warga yang mengalami luka-luka di beberapa rumah sakit setempat,” kata Buledi.

Disamping itu, korban selamat memerlukan bantuan air bersih, obatan-obatan dan tenda. Ribuan orang menghabiskan malam di tempat-tempat terbuka.

“Kita kesulitan mencapai daerah-daerah yang mengalami gempa,” tutur Bulaidi.

Sementara itu sejumlah korban selamat mengaku belum mengetahui nasib anggota keluarga mereka.

“Saya mempunyai rumah dengan tiga tempat tidur di Arawan. Rumah runtuh ketika gempa mengguncang. Saya berada di rumah dan anak-anak berada di kamar lain,” kata Noor Bux, seorang warga, kepada BBC.

“Sekarang saya tidak tahu di mana istri dan anak-anak saya, apakah mereka hidup atau meninggal. Saya tidak tahu di mana mereka,” Noor Bux.

Dampak gempa

Rumah-rumah terbuat dari bata lumpur sehingga mudah runtuh ketika diguncang gempa.

Korban gempa

Korban selamat memerlukan bantuan pangan, tenda dan obat-obatan.

Pulau di Pakistan

Beberapa jam setelah gempa, saksi mata melihat pulau kecil muncul di dekat Gwadar.

Seorang dokter di salah satu rumah sekita setempat menuturkan tim medis kewalahan menangani pasien. Lokasi gempa di tempat terpencil menghambat upaya pertolongan.

Gempa dahsyat yang bisa dirasakan hingga Karachi, Hyderabad, dan ibukota India, Delhi itu juga menimbulkan pulau kecil di kawasan pantai dekat pelabuhan Gwadar.

Kemunculan pulau baru ini menarik perhatian banyak warga. Pulau memiliki ketinggian 9 meter dan panjang 100 meter.



YOUR COMMENT